Aura Publishing

Download Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif Penerbit Pustaka Media

Cover Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif

Cover Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif

Aura-Publishing.com – Penerbit Pustaka Media adalah penerbitan satu grup di bawah naungan Aura Publihsing. Salah satu terbitannya adalah Buku Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif.

Penulis buku ini diantaranya: Dra. Dias Ardini, Apt., MTA., Dra. Pudji Rahayu, Apt., M.Kes., dan Endah Ratnasari Mulatasih, S.Si., M.Si.

Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitatif ini tecatat dengan ISBN: 978-623-6569-53-5, Penerbit PUSAKA MEDIA.

Penyusunan buku penuntun praktikum ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa dalam melakukan praktikum secara terbatas.

Untuk mengetahui analisa kuantitatif senyawa obat secara mendalam maka dianjurkan para mahasiswa untuk mempelajarinya dari kuliah atau dari literatur/kepustakaan kimia farmasi.

Gambaran Mata Kuliah Kimia Farmasi Kualitatif

Mata kuliah ini membahas tentang Mata kuliah ini berbagai metode analisis kualitatif bahan obat dan sediaan farmasi meliputi reaksi warna baik reaksi umum dalam golongan obat maupun spesifik serta, raksi kristal dan sublimasi mikro pada beberapa golongan obat.

Mata Kuliah Farmasi I membahas aspek analisa kualitatif pada sediaan Farmasi/obat-obatan yang meliputi identifikasi secara fisik, kimia dan bentuk kristal obat.

Analisa kimia farmasi dapat diidentifikasi sebagai penerapan metode-metode dan prosedur-prosedur kimia. Tujuan dari analisis kualitatif adalah untuk mengetahui atau memastikan identitas suatu bahan obat dengan mengetahui unsur atau senyawa dalam contoh tersebut. Dalam analisa kualitatif metode yang sering digunakan antara lain; metode fisika, metode kimia dan metode fisika kimia.

Metode Fisika meliputi uji organoleptis/pemerian. Dalam cara ini, suatu zat dikenal berdasarkan sifat-sifat fisiknya dengan panca indra. Pengamatan ini meliputi bentuk, warna, rasa dan bau.
Selain itu dilakukan pula penetapan fisika. Perlu dilakukan penetapan fisika untuk mengetahui kemurnian zat, seperti suhu lebur, suhu didih, kelarutan dan pH, bobot jenis,index bias, rotasi jenis dan kekentalan (viskositas).

Analisis secara kualitatif secara kimia dapat dilakukan dengan melakukan reaksi seperti golongan vitamin, anti histamin, antibiotik dll.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Setelah mengikuti mata kuliah ini, peserta didik mampu memahami ciri-ciri spesifik setiap golongan obat dan mampu meng analisis kualitatif bahan obat yang meliputi reaksi warna reaksi Kristal serta sublimasi mikro senyawa obat golongan alcohol, phenol, asam, sulfa, karbohidrat, alkaloid, antibiotic, antihistamin, hormone, vitamin dan barbiturate.

Kemampuan Akhir Yang Diharapkan (Sub Cpmk)

Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai :

  1. Pengertian kimia Farmasi
  2. Pengolongan senyawa kimia farmasi
  3. Identifikasi obat golongan Alcohol dan phenol
  4. Identifikasi senyawa obat golongan Asam
  5. Identifikasi senyawa obat golongan Sulfa
  6. Identifikasi senyawa obat golongan Karbohidrat
  7. Identifikasi senyawa obat golongan Antibiotik
  8. Identifikasi senyawa obat golongan Alkaloid
  9. Identifikasi senyawa obat golongan Antihistamin dan vitamin
  10. Identifikasi senyawa obat golongan Vitamin
  11. Identifikasi obat golongan Hormone
  12. Identifikasi obat golongan Barbiturat

Silakan Download Materi lebih lengkapnya/Modul Penuntun Praktikum Kimia Farmasi Kualitati di sini: E-Book Pratikum Kimia Farmasi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *