‘Ulumul Hadits

Rasul SAW tampil di tengah-tengah para sahabat sebagai figur sentral dan tokoh idola yang sangat dihormati. Segala titahnya jika berupa anjuran  atau perintah segera ditunaikan dan jika berupa larangan akan ditinggalkan. Semua tindak-tanduk dan gerak-geriknya sampai pada hal-hal terkecil sekalipun menjadi sunnah yang diteladani.
Kesungguhan untuk meniru dan meneladani sifat mulia Rasul SAW menyebabkan para sahabat selalu menghadiri majelis–majelisnya guna mendengarkan petuah-petuah agama. Bagi mereka yang tinggal jauh dari Kota Madinah selalu mengutus salah seorang kabilahnya untuk mendatangi Rasul SAW dan belajar hukum-hukum agama. Ketika pulang ke kampungnya, ia segera menyampaikan apa yang telah didengarnya dari Rasul SAW. Kesibukan duniawi tidak menyebabkan para sahabat absen ke majelis Rasul SAW. Mereka menyiasatinya dengan cara bergilir dan saling tukar informasi keagamaan yang didapat dari Rasul SAW, sebagaimana yang diceritakan Umar ibn al-Khattab berikut ini:
“ Aku dan tetanggaku dari Ansar tinggal di kampung Umayyah ibn Zaid di pinggir Kota Madinah. Kami datang secara bergantian kepada Rasulullah SAW. Hari ini tetanggaku yang mengunjungi beliau, hari berikutnya aku yang pergi. Jika aku yang datang, maka aku akan menyampaikan kepada tetanggaku segala yang aku dapat dari Rasulullah SAW. Demikian pula jika ia yang pergi, ia akan melakukan hal yang sama “.  (H.R. Al-Bukhari )

 

Judul:
‘ULUMUL HADITS
Penulis:
Dr. Muhammad Zaki, M.Ag.
Editor:
___
Penerbit:
Aura (Anugrah Utama Raharja) Anggota IKAPI
Tahun Terbit:
 Juli 2017
Ukuran Buku
15,5 x 23 cm
Jumlah Halaman:
xii + 145
ISBN:
978-602-6739-15-5
Harga:
Rp.