Teori Ekonomi MIkro Lanjut

teori ekonomi mikro lanjut 202x300 Teori Ekonomi MIkro Lanjut
Prof. Dr. Sahala S.P. Pandjaitan

Buku Teori Ekonomi Lanjut ditulis untuk melengkapi buku terdahulu, Teori Ekonomi mikro yang hanya membahas sampai teori biaya. Pendekatan yang digunakan dalam buku ini adalah ekonomi mikro neoklasik dan ekonomi mikro modern dengan penekanan pada ekonomi mikro neoklasik, Penulis menganggap kedua pendekatan itu bermanfaat buat perkembangan teori ekonomi mikro. Pendekatan ekonomi mikro neoklasik bermanfaat dalam perumusan model ekonomi mikro yang lebih dapat diterapkan dalam penelitian empiris sedangkan pendekatan modern bermanfaat dalam pengembangan abstraksi teori ekonomi mikro dan penelitian longitudinal.

Buku ini dibagi ke dalam delapan bab. Lima bab pertama menggunakan materi dari buku teori mikro terdahulu yang ditulis pada tahun 2013 dengan revisi yang cukup berarti dalam konsep dan penyajian serta penambahan pertanyaan pilihan jamak. Tiga bab baru yang membahas struktur pasar, persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna, dan perkembangan dalam teori ekonomi mikro. Penambahan materi dilengkapi dengan pengggunaan deskripsi, analisis tiku (curve), dan kalkulus sederhana. Oleh karena itu pembaca diharapkan mempunyai latar belakang kalkulus sederhana, terutama diferensiasi kalkukus.

Materi dalam buku yang memuat deskripsi dan analisis tiku telah digunakan pada Program Sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung sejak tahun 1986. Materi buku dengan modifikasi dan aplikasi untuk keputusan manajerial juga telah digunakan pada Program Magister Manajemen Universitas Gunadarma sejak tahun 1995 dan pada Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung sejak tahun 2000. Materi yang menggunakan pendekatan neoklasik dengan manipulasi kalkulus dan pendekatan modern dengan manipulasi topologi sederhana telah digunakan sebagai bahan ajar untuk Program Doktor Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Gunadarma.