Tasawuf Demokrasi Radikalisme

tasawuf 191x300 Tasawuf Demokrasi RadikalismeISBN : 978-602-1297-97-1
Penulis : Sulistiyohadi
Tebal   : xiv + 100 hal
Ukuran   : 13 x 20.5 cm

Era reformasi memberi kesempatan dan kebebasan yang luas kepada semua elemen untuk berpartisipasi memperbaiki bangsa. Umat Islam sebagai mayoritas memanfaatkan peluang itu dengan baik. Berbekal pengalaman panjang seiring dengan sejarah perjalanan bangsa, umat Islam tampil terbuka memperbaiki berbagai kebobrokan yang terjadi di masyarakat maupun juga dalam tata kehidupan berbangsa bernegara.

Namun, kebebasan di era reformasi ternyata bukan hanya milik orang-orang yang punya niat baik membangun negeri. Ada juga yang punya agenda lain menyebarkan virus-virus yang merusak moral dan akhlak generasi muda. Dan ada juga kelompok lain yang memperjuangkan ideologi dan kepentingan-kepentingan, juga dalam rangka membawa Indonesia menuju ke arah lebih baik.

Alhasil, dari sudut pandang tertentu, era reformasi kemudian bisa disebut sebagai arena kompetisi.

Umat Islam punya banyak pilihan dalam menyikapi perkembangan yang terjadi. Terkadang umat Islam mampu menjadi pelopor kreatif dalam mencerahkan negeri. Namun pada bagian lain umat Islam harus menampilkan sikap reaktif atas berbagai hal yang terjadi. Inilah yang pada akhirnya menjadikan umat Islam memiliki warna dan cara yang beragam, tidak selalu sama dalam berjuang memperbaiki bangsa.

Buku ini menyoroti bagaimana umat Islam bergerak menyikapi berbagai peluang dan tantangan yang muncul di era reformasi, dalam kerangka cita-cita untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik.
Buku ini adalah kumpulan tulisan yang sudah pernah dimuat di surat kabar lokal dan nasional. Beberapa tulisan itu direvisi agar lebih mudah dipahami dan sesuai dengan topik kekinian.

Semoga buku ini ada manfaatnya.