Salah satu tahapan penting dalam kegiatan penelitian khususnya pada tahap penelitian di lapangan adalah peluang perolehan data. Kelengkapan dan kebenaran data memungkinkan peneliti mengolah data yang kemudian dinalisis sesuai dengan kebutuhan rumusan permasalahan.

Perlakuan terhadap sampel telah dipastikan memungkinkan peneliti memperoleh informasi yang lengkap sesuai dengan target yang diharapkan tanpa harus mengurai seluruh elemen populasi. Penggunaan teknik sampel yang tepat membuat penelitian yang efisien dari sisi keuangan, kinerja, tenaga, waktu dan capaian.

Buku sederhana ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai sampel dan teknik sampel yang representative dalam sebuah penelitian. Dimulai dengan paparan mengenai konsep ilmu dan ilmu pengetahuan, pencapaian kebenaran melalui beragam upaya dan relevansi sampel dalam kegiatan pengumpulan data. Selanjutnya diuraikan tentang tipe sampel, metode pengumpulan sampel dan diakhiri dengan beberapa catatan kesalahan penentuan sampel dan perlakuannya dalam penelitian. Di sana-sini dalam uraian buku ini diberikan contoh sederhana, sehingga pembaca khususnya peneliti pemula mampu memahami sampel sebagai suatu tahapan terpenting menuju sukses pelaksanaan penelitian.

Meskipun buku ini masih jauh dari sempurna, kiranya dalam edisi berikutnya akan mempertimbangkan kritik, saran masukan dari pembaca sekalian demi penyempurnaan naskah buku ini selanjutnya.