Kimia Tanah dan Air, Prinsip Dasar dan Lingkungan

Tanah dan air merupakan dua hal yang sangat penting yang tidak terpisahkan di muka bumi dan sangat menentukan keberagaman dan kehidupan mahluk hidup di planit bumi, khususnya bagi manusia. Tanah merupakan tempat pemukiman dan media tumbuh tumbuhan mengkonversi  energi radiasi matahari menjadi energi kimia yang menjadi sumber pangan, sandang, papan dan energy;  sedangkan air merupakan media pelarut dalam proses kimia baik secara alami di dalam tanah maupun proses biokimia dalam tubuh mahluk hidup.   Tanah terbentuk dari (1) bahan induk sebagai hasil pelapukan batuan melalui proses pelapukan kimia, fisik dan biologi. Selain itu, berbagai faktor pembentukan tanah seperti  (2) iklim khususnya air sebagai media pelarut dalam proses kimia tanah dan suhu, (3) kemiringan tanah yang berpengaruh pada proses reaksi kimia redoks,  proses pencucian dan erosi, (4) organisme yang menghasilkan bahan organik tanah, dan (5) waktu pembentukan tanah sangat berpengaruh pada kimia tanah dan air.

Buku “KIMIA TANAH DAN AIR”  ini merupakan hasil karya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bacaan untuk umum dan khususnya untuk mereka yang mau belajar tetang proses perubahan kimia dalam tanah dan air serta dapat digunakan sebagai referensi, karena selain menjelaskan prinsip dasar proses kimia dalam tanah dan larutan tanah, buku ini juga menjelaskan hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan proses kimia, serta  pencemaran dan kualitas tanah dan air. Uraian dalam buku ini telah dilakukan secara mendasar dan konprehensif serta dilengkapi dengan berbagai illustrasi seperti gambar, tabel, persamaan dan beberapa perhitungan. Infromasi, gambar, dan tabel dalam buku ini diambil dari berbagai sumber untuk memperkaya dan memperjelas uraian topik bahasan. Mudah-mudahan setelah mempelajari  buku ini, pembaca dapat memahami proses kimia yang terjadi dalam koloid tanah dalam hubungannya dengan ketersediaan unsur hara tanaman, kualitas tanah dan air serta masalah lingkungan yang berhubungan dengan degradasi tanah dan air..

Buku ini terdiri dari 10 Bab yang merupakan jabaran dari tiga kelompok  yaitu: bagian pertama tentang prinsip-prinsip kimia dan komposisi tanah yang terdiri dari Bab I Bilangan, Satuan dan Prinsip dasar kimia dan Bab II tentang Komposisi tanah.  Bagian kedua yang merupakan  bagian terbesar dari buku ini yaitu tentang proses kimia yang terjadi dalam tanah yang terdiri dari Bab III menjelaskan proses pembentukan tanah dan keseimbangan kimia, Bab IV tentang interaksi fase padat dan cair pada permukaan koloid tanah, Bab V tentang jerapan kation tanah, Bab VI tentang jerapan anion dan molekul tak bermuatan dan Bab VII tentang kinetika dan sistim tanah.  Bagian ketiga yaitu tentang sifat-sifat khusus tanah dan air serta hal-hal yang berhubungan lingkungan tanah dan air yaitu Bab VIII tentang tanah masam, alkalin dan salin, Bab IX tentang pencemaran tanah dan air, dan Bab X tentang kimia air.