cover novrel 209x300 Confidential!Penulis : Dwi Cahyono
ISBN : 978-602-1297-74-2
Ukuran : 14 x 21 cm

Aku bangga dengan murid-muridku. Aku memiliki sejuta harapan pada masa depan mereka. Mereka terlahir dengan kemampuan yang luar biasa. Saling berbeda satu sama lain. Masing-masing berbekal keunikan yang sangat sempurna.

Dengan menyebut nama Allah SWT, aku berharap buku ini dapat menggugah semangat untuk memulai sebuah karya yang luar biasa, sumber motivasi dan inspirasi untuk tetap berkarya di segala keadaan. Tidak mengeluh saat masa sulit dan terjepit. Segala kemungkinan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Bukankah Allah berjanji akan mengubah suatu kaum jika kaum itu mau mengubahnya? Janji itu dapat dibuktikan kebenarannya selama kita mau melakukan sebuah perubahan itu.

Aku menyadari bahwa memulai hal baru itu tidak mudah, membutuhkan proses dan eksperimen yang cukup menyita waktu. Langkah strategis untuk menghemat adalah memulai dan melakukan proses perbaikan selama bereksperimen. Dengan demikian, perubahan sedang berjalan di atas proses perubahan. Teori saja tidak cukup untuk melakukan sebuah perubahan. Teori hanya dapat dipergunakan sebagai acuan, bukan hasil nyata yang realistis sebab hasil nyata hanya dapat diperoleh dengan melakukan pembuktian teori itu sendiri.

Dalam dunia pendidikan, mengubah pola pikir dan pemahaman itu lebih mudah dibandingkan mengubah perilaku dan sikap. Untuk itu, diperlukan sentuhan yang melibatkan ketulusan hati.

Kegiatan-kegiatan kecil harus totalitas melibatkan ‘mereka’. Biarkan mereka berbunyi seperti alat musik. Biarkan pula mereka yang menjadi aranger, dirigen, dan sekaligus pencipta lagu. Tugas kita mendengarkan suara musik itu.
Karena apa pun yang kita perbuat untuk mereka adalah sebuah bentuk pertanggungjawaban yang akan dinilai kebenaran dan kesungguhannya, serta diperhitungkan di hari akhir.

Bermusiklah dengan hati agar musik yang kau lahirkan akan mengalunkan suara merdu. Mereka yang duduk berbaris di bangku kelas adalah alat musiknya.